logo12

ohan Joostensz Wakili NTT Ikuti Kegiatan Sahabat Ombudsman di Bekasi

on . Posted in Perwakilan Nusa Tenggara Timur

Ayananews.com, Kupang – Ombudsman Republik Indonesia mengadakan kegiatan konsolidasi tingkat nasional yakni kegiatan Sahabat Ombudsman di Bekasi-Provinsi Jawa Barat yang diadakan selama Tiga hari, Jumat 8 hingga Minggu 10 Desember.

 

Ombudsman Perwakilan NTT mengirim salah satu kader terbaiknya yakni Herman Johan Joostensz atau biasa dengan sapaan kerennya John Joostensz.

 

Ombudsman NTT Terima 231 Laporan

on . Posted in Perwakilan Nusa Tenggara Timur

KUPANG, KOMPAS.com - Ombudsman NTT menerima 231 laporan selama 2012 terkait buruknya pelayanan di sejumlah instansi pemerintah. Dari jumlah itu, 163 laporan telah ditindaklanjuti pihak Ombudsman dengan cara klarifikasi atau rekomendasi kepada instansi terlapor.

 

Plt Kepala Ombidsman NTT Darius Beda Daton di Kupang, Selasa (2/1/2013) mengatakan, laporan yang masih membutuhkan kelengkapan data sebanyak 35 laporan. "Semua laporan terkait buruknya pelayanan publik. Dari 163 laporan yang ditindaklanjuti, 112 laporan mendapat tanggapan positif dari berbagai instansi pelayanan publik. Sebanyak 62 tanggapan dari instansi terlapor menyebutkan, kasus yang dilaporkan benar-benar telah selesai ditindaklanjuti," kata Daton.

Ada Pungli di KP3 Labuan Bajo

on . Posted in Perwakilan Nusa Tenggara Timur

Laporan Wartawan Pos Kupang, Muchlis Al Alawy

TRIBUNNEWS.COM, KUPANG--Tim Ombudsman NTT menemukan adanya pungli (pungutan liar) yang dilakukan oknum petugas polisi KP3 Labuan Bajo saat kapal fery hendak berangkat meninggalkan pelabuhan. Pungutan terjadi bagi setiap kendaraan roda dua dan empat yang akan diberangkatkan dengan  kapal fery ke Pelabuhan Sape, Bima, NTB.

Evaluasi Ombudsman Perwakilan NTT: Samsat Contoh Pelayanan Publik Terbaik

on . Posted in Perwakilan Nusa Tenggara Timur

KUPANG, TIMEX - Hasil evaluasi Ombudsman Perwakilan NTT selama kurun waktu satu tahun belakangan menunjukan Ditlantas Polda NTT merupakan satu-satunya instansi publik yang perlu menjadi contoh dalam hal pelayanan publik.  Pelayanan publik yang diterapkan Samsat Kupang selama ini merupakan harapan masyarakat untuk memperoleh pelayanan prima dari instansi pemerintah.

"Satu-satunya lembaga publik di NTT yang sudah berhasil menerapkan standar pelayanan publik bukti baru terjadi di Samsat Kupang," ungkap Kepala Ombudsman Perwakilan NTT dan NTB, Darius Beda Daton saat memaparkan materi berjudul Mewujudkan Pelayanan Publik yang Berkualitas dan Terjangkau di Kota Kupang di hadapan peserta diskusi tematik yang di selenggarakan PIAR NTT dan YAPPIKA di aula hotel Greenia pekan lalu.

Menurut Darius, pelayanan publik yang sudah dipraktekan Samsat Kupang kepada masyarakat Kota Kupang patut menjadi teladan bagi instansi pemerintah lainnya di Provinsi NTT. Dijelaskan, komponen standar pelayanan publik yang diterapkan pihak Samsat Kupang sudah terpenuhi dari sisi dasar hukum, persyaratan, sistem, mekanisme dan prosedural, jangka waktu penyelesaian, biaya, produk pelayanan, sarana dan prasarana.

Ini Temuan Ombudsman di Pelabuhan Bolok Kupang

on . Posted in Perwakilan Nusa Tenggara Timur

POS KUPANG.COM, KUPANG --  Pelaksana Tugas Kepala Ombudsman NTT, Darius Beda Daton,SH kepada Pos Kupang, Senin (29/10/2012) menjelaskan tentang hasil supervisi timnya ke Pelabuhan Bolok Kupang yang digelar pekan lalu.

Dari pengamatan timnya, kata Darius, Tim Ombudsman NTT menemukan sejumlah dugaan penyimpangan mulai dari pintu masuk pelabuhan hingga sejumlah calo yang menawarkan jasanya membeli tiket bagi para penumpang yang hendak membeli tiket. Anehnya para calo itu menawarkan jasanya dihadapan para petugas perhubungan yang sedang menjual tiket di loket.

Tak hanya itu, demikian Darius, pada pas atau karcis masuk pelabuhan tertulis Pelabuhan Penyeberangan Pantai Baru dengan kendaraan mini bus sebesar Rp 5000 dan sepeda motor sebesar Rp 2000. Padahal sejumlah sepeda motor yang masuk membayar Rp 4000.

 

"Sejumlah calon penumpang yang ditemui juga mengeluh ada kelebihan uang yang tidak dikembalikan petugas penjual tiket. Beberapa para calon penumpang Kupang-Larantuka mengatakan  harga tiket kelas ekonomi yang tertera dalam tiket adalah sebesar Rp 65.300. Kemudian bila ditambah tiket makan sebesar Rp 8000 maka jumlahnya menjadi Rp 73.600. Tetapi dibulatkan  menjadi Rp 80.000," ujar Darius.