logo12

Ombudsman Malut: Pemda Malut tak Siap Hadapi UNBK

on . Posted in Perwakilan Maluku Utara

TERNATE, lenteraonline.com — Kepala Kantor Ombudsman Perwakilan Maluku Utara (Malut) Sofyan Ali, angkat bicara soal ‘miskinnya’ fasilitas penunjang dalam pelakasanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di tiap Kabupaten/Kota se-Provinsi Malut.

Saat ditemui reporter lenteraonline.com, Jumat 10 Maret 2017 diruangkerjanya, Sofyan menuturkan, hampir semua Kepala Daerah se-Kabupaten/Kota di Provinsi Malut tidak memiliki perhatian serius menghadapi UNBK. Pasalnya, masih kekurangan fasilitas UNBK. Padahal, sudah ada surat edaran dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI kepada seluruh Gubernur dan Bupati/Walikota se-Indonesia untuk fasilitas UNBK seperti komputer di tiap sekolah. Utamanya sekolah yang lokasinya jauh dari pelaksanaan UNBK.

"Sesuai dengan edaran Kemendikbud Ujian Nasional pada tahun ini di prioritaskan untuk UNBK, tapi tidak ada kepala daerah yang bisa berinisiatif untuk membantu dan memperhatikan Ujian Nasional Berbasis Komputer ini,” tuturnya.

Hal ini berdasar dari data yang diperoleh Ombudsman Malut di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Malut. Dari 1.000 lebih sekolah yang ikut UNBK tahun 2017, hanya ada 107 sekolah tingkat SMP dan SMA yang dapat mengikuti UNBK.

“Maka dengan itu hanya 10 % sekolah di Maluku Utara yang mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer. Dari hasil ini jika di presentasikan menunjukan bahwa sangat sedikit sekolah di Maluku Utara yang melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer,” ungkap Sofyan.

Ia menegaskan, dari angka presentasi itu sekolah yang melaksanakan UNBK adalah hasil dari usaha mereka dengan meminjam fasiltas komputer ke sekolah yang lain. Bahkan ada salah satu Kabupaten/Kota yang tidak melaksanakan UNBK.

“Ada kabupaten/kota yang tidak melaksanankan UNBK seperti kabupaten Taliabu dan ada yang meminjam fasilitas komputer ke sekolah lain,” tegasnya.

“Ini juga menunjukan bahwa, sebenarnya daerah baik itu kepala daerah maupun instansi terkait, belum bersungguh-sungguh dan tidak memiliki kesiapan untuk melaksanakan UNBK di tahun ini,” tutup Sofyan.

(Sumber: http://lenteraonline.com/2017/03/10/ombudsman-malut-pemda-malut-tak-siap-hadapi-unbk/)

Tags: ombudsman maluku utara pelayanan publik