logo12

Ombudsman RI Tinjau Kesiapan RSDUAM Menghadapi Mudik Lebaran

on . Posted in Perwakilan Lampung

BANDAR LAMPUNG--Ombudsman RI meninjau Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moloek guna mengetahui sejauh mana kesiapan dalam menghadapi lonjakan pasien saat mobilisasi massa meningkat pada mudik Lebaran Idulfitri 1437 Hijriah.

Pimpinan Ombudsman RI, Adrianus Meliala, mengunjungi beberapa ruangan di rumah sakit didampingi Ombudsman Perwakilan Lampung, Ahmad Saleh Davit Faranto, Gubernur Lampung, M Ridho Ficardo, Dirut Rumah Sakit Abdul Moloek, Heri Joko Subandrio.

 

Rombongan yang tiba pukul 19.30 dan langsung meninjau beberapa ruangan diantaranya ruang jenazah atau forensik, dan ruang cuci darah, gedung UGD ruang rawat ROI , ruang bank darah, ruang solusi atau ruang komplain

Kepala Ombudsman RI mengatakan tinjauan tersebut guna mengetahui persiapan menghadapi masa liburan yang panjang. Maka pihaknya memberi perhatian pada supporting unit dan sistem yang bagus yaitu rumah sakit dan beberapa spot kainnya. Sebab pergerakan massa akan sangat banyak dan sistemnya cukup bagus . "Kami menginstuksikan untuk ombudsman seluruh Indonesia mendatangi beberapa tempat,"katanya.

"Kesan kami RSUDAM sudah baik, tapi ada hal yang terlalu darurat dan belum terlalu nyaman maka harus kita apresiasi karena gangguan itu akibat sedang ada pembangunan," tuturnya.

Selain itu, ada beberapa tempat yang jelas untuk melakukan komplain. "Karena yang ada di sini kan bukan orang yang senang, maka harus kita layani dengan baik,"papar Adrianus.

Direktur Utama Heri Joko Subandrio sempat menjelaskan SOP dan manajemen yang dijalankan rumah sakit negeri ini. "Ini adalah ruangan penghubung atau ruang kontrol, setiap pasien bisa mengunjungi ruang komplain sehingga jika ada masalah bisa mengadukan keluhannya kesini," jelasnya.

Gubernur Lampung M Ridho Ficardo mengatakan tahun anggaran saat ini dalam pembenahan besar untuk RSUDAM yakni 700 persen anggaran pemerintah provinsi untuk renovasi kesehatan.

"Dukungan ini karena RS adalah benteng terhir Provinsi Lampung dan muka gubernur di Lampung, ketika semua saya penuhi dan manajemen RS saya minta bisa melayani sepenuh hati demi masyarakat yang lebih sehat,"imbuhnya.

Menurutnya, sudah menjadi stigma umum bahwa RS pemerintah memiliki banyak kekurangan baik pelayanan sangat buruk hingga sarana dan prasarana yang tidak memadai. "Saya ingin Rumah sakit kita tidak kalah dengan rs swasta lainnya dengan standar kompetisi dan rekrutmen, dari sisi publik service obligationnya mereka harus memenuhi pengabdian,"ungkapnya.

(Sumber: http://lampost.co/berita/-ombudsman-ri-tinjau-kesiapan-rsduam-menghadapi-mudik-lebaran )

Tags: ombudsman lampung, pelayanan publik