logo12

Ombudsman Lampung: Pungli Dishub di Jembatan Timbang Capai Rp6,6 Miliar Setahun

on . Posted in Perwakilan Lampung

Duajurai.com, Bandar Lampung – Ombudsman RI Perwakilan Lampung menuding Dinas Perhubungan (Dishub) setempat melakukan pungutan liar (pungli) di sejumlah jembatan timbang. Pungli itu dengan cara menerapkan sanksi denda atas pengawasan dan pengendalian muatan angkutan barang di ruas jalan nasional. Bahkan, uang yang terkumpul dari pungli lebih dari Rp5 miliar dalam setahun.

“Selama tahun 2015, telah diperoleh sekitar Rp6,6 miliar dari sanksi denda tersebut,” kata Ahmad Saleh David Faranto, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Ombudsman Lampung, saat konferensi pers di kantornya, Selasa, 19/4/2016.

Menurut David, pungutan yang dilakukan Dishub Lampung berlangsung di jembatan timbang Penengahan, Lampung Selatan; Simpang Pematang, Kabupaten Mesuji; dan Blambangan Umpu di Kabupaten Way Kanan. “Hasil investigasi kami di lapangan, ditemukan calo atau perantara yang tidak dikenal dan dapat dengan bebas mengurus atau memungut denda,” ujarnya.

Selain pungli, Dishub Lampung juga tidak melaksanakan kewajiban menyediakan lahan atau gudang/fasilitas penyimpanan barang. Hal itu sesuai Pasal 7 ayat (4) huruf a Peraturan Daerah Provinsi Lampung Nomor 5 Tahun 2011 tentang Pengawasan dan Pengendalian Kelebihan Muatan Angkutan Barang.

Temuan lainnya, kepala Dinas Perhubungan tidak mengindahkan Surat Edaran (SE) Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor: SE.01/AJ.108/DRJD/2012. Surat tertanggal 12 Januari 2012 itu mengatur tentang Pengawasan dan Pengendalian Muatan Lebih.

Tak hanya itu, kata David, kepala Dinas Perhubungan juga tidak menjalankan SE Menteri Perhubungan 3/2015 tentang Penyelenggaraan Penimbangan Kendaraan Bermotor di Jalan. “Aturan tersebut menyebutkan, penetapan lokasi, pengoperasian, dan penutupan alat penimbangan yang dipasang secara tetap pada jalan yang dilakukan pemerintah, atau oleh unit pelaksana penimbangan yang ditunjuk oleh pemerintah, dan kewenangan pemerintah pusat,” ujarnya.(*)

(Sumber : http://www.duajurai.com/2016/04/ombudsman-lampung-pungli-dishub-di-jembatan-timbang-capai-rp66-miliar-setahun/ )

Tags: ombudsman lampung, Ombudsman Republik Indonesia