logo12

Ombudsman: 4 Pemkab di Lampung Masuk Zona Merah Soal Pelayanan Publik

on . Posted in Perwakilan Lampung

BANDAR LAMPUNG, duajurai.co – Ombudsman Republik Indonesia (RI) menetapkan empat pemerintah kabupaten (pemkab) di Provinsi Lampung masuk dalam zona merah. Ini merupakan predikat kepatuhan yang rendah terhadap pemenuhan komponen standar pelayanan publik.

 

Penetapan predikat tersebut dilakukan setelah Ombudsman melakukan penilaian kepatuhan standar pelayanan publik terhadap lima pemkab di Lampung dari total 107 pemkab di seluruh Indonesia pada kurun Mei hingga Juli 2017.

 

Ombudsman Sebut 4 Kabupaten di Lampung Masuk Zona Merah Dalam Pemenuhan Standar Pelayanan

on . Posted in Perwakilan Lampung

Kupastuntas.co, Bandar Lampung – Ombudsman Republik Indonesia menetapkan 4 pemerintah kabupaten (pemkab) di Provinsi Lampung masuk dalam zona merah atau predikat kepatuhan rendah dalam pemenuhan standar pelayanan publik.

 

Keempat daerah yang masuk dalam zona merah tersebut adalah Kabupaten Lampung Timur dengan nilai (41,63) , Lampung Tengah (28,08), Pesawaran (21,97) dan Pringsewu (13,07). 

 

Ombudsman Lampung: Pelayanan Parkir di Jalan Pangkal Pinang Rawan Pungli

on . Posted in Perwakilan Lampung

BANDAR LAMPUNG, duajurai.co – Ombudsman RI Perwakilan Lampung menemukan potensi pungutan liar (pungli) dalam pelayanan parkir di Jalan Pangkal Pinang, Tanjungkarang, Kota Bandar Lampung. Temuan itu diperoleh setelah Tim Ombudsman melakukan serangkaian pemeriksaan.

Kepala Ombudsman Lampung Nur Rakhman Yusuf mengatakan, pemeriksaan berdasar laporan masyarakat yang merasa dirugikan atas pelayanan parkir di Jalan Pangkal Pinang, “Benar ada masyarakat yang lapor.

Malam Ini, Ombudsman Lampung Umumkan Pemenang Lomba Caption IG

on . Posted in Perwakilan Lampung

BANDAR LAMPUNG, duajurai.co – Ombudsman RI Pewakilan Lampung akan menggelar acara “Jejamo Ombudsman Sakai Sambayan Ngedandan” di Café Pujasera Oops Way Halim, Bandar Lampung, Jumat malam, 10/11/2017. Sebagai acara puncak yakni pengumuman 3 pemenang lomba caption instagram Ombudsman serta 10 nominasi pilihan juri. Pemenang berhak atas uang tunai, sertifikat, dan bingkisan menarik.

 

Acara yang akan dimulai selepas maghrib ini terbuka untuk umum dan gratis. Acara tersebut akan dihadiri oleh Pimpinan Pusat Ombudsman RI Dadan S Suaharmawijaya dan Kepala Perwakilan Ombudsman RI Lampung Nur Rakhman Yusuf.

 

PELAYANAN PUBLIK HARUS TERUS DITINGKATKAN

on . Posted in Perwakilan Lampung

Peningkatan atas pelayanan publik terus didorong oleh pemerintah Indonesia untuk membangun kepercayaan masyarakat. Akan tetapi sampai saat ini masih ada saja problematika dari pelayanan publik yang masih terjadi di Indonesia. Salah satu yang masih sering terjadi adalah maladministrasi yakni perbuatan melawan hukum, melampaui wewenang, menggunakan wewenang untuk keperluan lain termasuk kelalaian atau pengabaian kewajiban hukum dalam penyelenggaraan pelayanan publik yang dilakukan oleh penyelenggara negara  dan pemerintah yang menimbulkan kerugian bagi masyarakat. Hal tersebut menjadi pembahasan dalam kuliah umum yang dilaksanakan oleh Ombudsman RI bekerjasama dengan Universitas Lambung Mangkurat di aula Rektorat lt.1, Kamis (26/10/2017). Prof. Amzulian Rifai, S.H., LLM., Ph.D Kepala Ombudsman RI yang diwakili oleh Nurcholis Majid yang merupakan Kepala Perwakilan Ombudsman KalSel selaku narasumber memaparkan kepada para mahasiswa pentingnya peningkatan pelayanan publik dilakukan mengingat semakin kuatnya tuntutan masyarakat terhadap pelayanan publik yang berkualitas serta diperlukannya standar pelayanan oleh setiap unit pelayanan sebagai jaminan dan kepastian penyelenggara pelayanan. Selain itu perbaikan pelayanan publik dilakukan  untuk memberikan pemahaman  dan persepsi yang sama bagi penyelenggara dan masyarakat dalam penyusunan dan rancangan standar pelayanan. Ruang lingkup pelayanan publik yang dimaksud adalah pelayanan barang publik, pelayanan jasa publik, serta pelayanan administratif.