logo12

Februari, Ombudsman Terima 10 Laporan Dugaan Maladministrasi di Pelayanan Publik

on . Posted in Perwakilan Kalimantan Utara

PROKAL.CO, TANJUNG SELOR – Selama Februari ini, Ombudsman RI Perwakilan Kaltara telah menerima 10 laporan atau pengaduan dari masyarakat tentang kesalahan administrasi atau maladministrasi di yang berkaitan dengan pelayanan publik.

Kepala Perwakilan Ombudsman Kaltara, Ibramsyah Amirudin mengatakan, laporan yang diterima itu masih bersifat umum. Yang dilaporkan masyarakat adalah penyelenggara negara yakni pemerintah daerah. Selain itu juga ada kepolisian, perbankan, pelayanan BPJS, Badan Pertanahan dan sektor lainnya.

Ombudsman Kaltara: Pegawai Rumah Sakit Harusnya Seperti Resepsionis Hotel

on . Posted in Perwakilan Kalimantan Utara

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Ombudsman Kalimantan Utara mencoba mengklasifikasikan sejumlah instansi pelayanan publik ke dalam tiga zona, merah, hijau, dan biru.

Ibramsyah Amiruddin, Kepala Perwakilan Ombudsman Kalimantan Utara mengemukakan, zona merah merupakan zona bagi instansi-instansi pelayanan publik yang disertai kegiatan pungutan seperti di Samsat, pelayanan perpajakan, serta pelayanan Kartu Tanda Penduduk (KTP) di Disdukcapil.

Diduga Walikota Tarakan Lakukan Pungli, Hari Ini Ombudsman Mulai Investigasi

on . Posted in Perwakilan Kalimantan Utara

Newstara.com TARAKAN - Kepala Perwakilan Kantor Ombudsman Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) baru saja memiliki kepengurusan organisasi struktural defininitif dan lembaga negara independent tersebut langsung membuat gebrakan dengan menindaklanjuti sejumlah laporan-laporan dari masyarakat. Salah satunya adalah persoalan adanya pungutan-pungutan di sejumlah sekolah kepada orang tua murid yang bersifat sukarela namun ditetapkan standart sumbangsih tersebut.

Kepala Ombudsman Kaltara, Ibramsyah Amiruddin mengatakan ada dugaan penyelewengan atau pungutan liar, bilamana melihat secara gambaran besarnya. Karena sebuah pungutan itu, harus ada kesepakatan antara orang tua murid dengan pihak pemungut serta aturan atau payung hukumnya.

Ombudsman Janji Rahasiakan Identitas Pelapor

on . Posted in Perwakilan Kalimantan Utara

TANJUNG SELOR - Dalam rangka mencegah terjadinya maladministrasi dengan pemberian imbalan atau indikasi pungutan liar (Pungli), lembaga independen Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Perwakilan Kaltara akan menjamin kerahasiaan identitas dari pelapor. Dengan begitu, diharapkan masyarakat turut aktif dalam melaporkan penyimpangan layanan publik yang terjadi di lapangan.

Asisten ORI Perwakilan Kaltara, Bagus Sasmita mengatakan jika masyarakat menemukan adanya indikasi pungli, maka dirinya mengharapkan masyarakat segera melaporkannya. Hal ini menurutnya adalah bentuk dukungan masyarakat kepada Ombudsman untuk melakukan fungsi pengawasan terkait pelayanan publik yang ada di Provinsi Kaltara.

Ombudsman Selidiki Pelayanan RSUD Tarakan

on . Posted in Perwakilan Kalimantan Utara

PROKAL.CO, TARAKAN – Pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarakan yang banyak mendapat sorotan masyarakat, akhirnya sampai juga ke Ombudsman Kalimantan Utara (Kaltara).

“Kalau bicara kasus di Tarakan, kami sedang menindaklanjuti ada dua kasus sebenarnya di bidang kesehatan,” ujar Asisten Ombudsman Perwakilan Kaltara Mohammad Bagus Sasmita, Senin (29/11).

Meski belum mau blak-blakan kepada media, Bagus Sasmita sedikit membocorkan bahwa kasusnya terkait biaya pelayanan kesehatan di RSUD Tarakan. Pihaknya pun sudah ke lapangan untuk menyelidiki dan mengklarifikasi laporan ini kepada pihak terkait.