ORI Kaltim: Cara Persuasif Sudah, Kini Saatnya Penindakan Tegas Pelaku Pungli

on . Posted in Perwakilan Kalimantan Timur

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN – Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Kaltim turut menyampaikan materi pembekalan dalam rangka rapat kerja satuan tugas sapu bersih pungutan liar (Saber Pungli)di provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara di Balikpapan, Rabu (12/4/2017).

Kegiatan raker Saber Pungli ini diikuti tim saber pungli dari 15 kabupaten/ kota dan 4 pokja, serta sekretariat.

Ombudsman Sarankan Izin Ritel Dimoratorium

on . Posted in Perwakilan Kalimantan Timur

PROKAL.CO, BALIKPAPAN - Ritel modern yang menjamur di Kota Minyak -julukan Kota Balikpapan- juga menjadi kekhawatiran masyarakat, khususnya pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Samarinda. Ombudsman RI Perwakilan Kalimantan Timur sempat menangani laporan pelaku UMKM yang mengeluhkan keberadaan ritel modern.

Dalam penanganan pada 2014 lalu, pihaknya memediasi antara pelapor, terlapor, dan Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda. Ombudsman menyarankan agar permasalahan serupa bisa disikapi, dengan menerapkan kebijakan berupa moratorium perizinan.

Petugas Rogoh Kocek Pribadi Sudah Biasa

on . Posted in Perwakilan Kalimantan Timur

PROKAL.CO, BALIKPAPAN-Ombudsman RI Perwakilan Kaltim membeberkan peningkatan laporan pelayanan publik yang terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Seperti di 2016 lalu, sedikitnya lembaga independen yang fokus mengawasi pelayanan publik itu membukukan 113 laporan. Signifikan dibanding tahun sebelumnya yang hanya 80 laporan.

Peningkatan laporan itu diindikasikan sebagai kesadaran masyarakat akan hak-haknya terhadap pelayanan publik. Sebanyak 50 persen laporan yang diterima berupa surat. Sisanya melalui e-mail, SMS, telepon, dan ada juga yang datang langsung menemui Ombudsman.

Ombudsman Kaltimtara Soroti Temuan BPK

on . Posted in Perwakilan Kalimantan Timur

KLIKBALIKPAPAN.CO – Kasus temuan BPK terhadap pemeriksaan hasil laporan APBD Balikpapan 2016, terus menjadi sorotan publik. Kali ini, Ombudsman Kaltim ikut angkat bicara.

Kepala Ombudsman RI Kaltimtara, Syarifah Rodiah, menyesalkan adanya 8 poin temuan BPK yang mencedarai kinerja Wali Kota Balikpapan Rizal dan jajaran di bawahnya. “Harus ada evaluasi menyeluruh terhadap kinerja PNS di Balikpapan,” tegur Syarifah, melalui selulernya, Senin, 6/2/2017.

Aduh, Pelayanan Publik Balikpapan Masih Rendah

on . Posted in Perwakilan Kalimantan Timur

KLIKBALIKPAPAN.CO - Standar pelayanan kota Balikpapan disebutkan oleh Ombudsman RI Kaltim masih masuk dalam zona kuning. Itu artinya pelayanan publik yang ada di Balikpapan masih terbilang lemah dan banyak kekurangan. Hal ini juga berdasarkan tingkat laporan atau keluhan terhadap masyarakat yang masuk kepada Ombudsman. Yakni Balikpapan menduduki posisi pertama dari jumlah laporan masyarakat yang masuk sebanyak 52 laporan setelah Samarinda yang hanya 32 laporan kasus.

Kepala ORI Kaltim, Syarifah Rodiah mengaku bahwa Balikpapan masih banyak yang belum menerapkan sembilan komponen standarisasi kantor pelayanan. Yakni diantaranya adalah mekanisme atau SOP yang harus diperlihatkan kepada masyarakat yang terpasang dikantor-kantor pelayanan publik pemerintahan. Hal inilah yang masih banyak kantor pelayanan publik di Balikpapan belum menerapkan hal tersebut.

Lock full review www.8betting.co.uk 888 Bookmaker