logo12

Enam Daerah di Jateng Masuk Zona Kuning Penilaian Ombudsman

on . Posted in Perwakilan Jawa Tengah

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Ombudsman RI menggelar acara Penganugerahan Predikat Kepatuhan di Jakarta pada Selasa (5/12/2017).

 

Dalam kegiatan tersebut dilakukan penilaian kepatuhan mulai dari kementerian, lembaga negara hingga pemerintah daerah.

 

 

Klasifikasi penilaian menggunakan traffic light sistem yakni zona merah, kuning dan hijau.

 

Dalam acara itu diumumkan empat kabupaten dan dua kota di Jawa Tengah masuk dalam zona kuning.

 

Plt Kepala Perwakilan Ombudsman Jawa Tengah, Sabarudin Hulu, mengatakan, penilaian tersebut merupakan kewenangan Ombudsman RI di pusat.

 

"Sangat disayangkan pemerintah daerah yang dulunya di zona kuning namun memiliki skor tertinggi justru menurun," kata Sabarudin, Rabu (6/12/2017).

 

Sabarudin menuturkan, enam kepala daerah yang masuk dalam objek penilaian sebenarnya telah melakukan upaya pemenuhan standar pelayanan publik yang diawasi oleh Ombudsman.

 

"Arahan ini sepertinya belum dilaksanakan sungguh sungguh oleh Sekda dan kepala OPD. Akhirnya hasilnya belum ada yang masuk predikat zona hijau," katanya.

 

Menurutnya, penilaian kepatuhan yang diberikan Ombudsman bukanlah sekedar penghargaan tetapi penilaian agar standar pelayanan publik lebih ditingkatkan.

 

Selain itu, pelayanan publik terpenuhi juga mencegah perbuatan mal administrasi.

 

"Standar pelayanan publik ini terpenuhi maka akan tercipta akuntabilitas, transparansi, mencegah penundaan berlarut larut, mencegah calo, tidak diskriminasi, mencegah perbuatan melawan hukum dan kepastian pelayanan untuk masyarakat," katanya.

 

Sabarudin berharap kepala daerah melakukan evaluasi terhadap komitmen sekda dan kepala OPD terkait kewajiban mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas.

 

"Harapannya pelayanan publik yang berkualitas sesuai Undang Undang nomor 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik terpenuhi dan dilaksanakan oleh seluruh kepala daerah," katanya.

 

Sumber: http://jateng.tribunnews.com/2017/12/06/enam-daerah-di-jateng-masuk-zona-kuning-penilaian-ombudsman