logo12

Ombudsman Minta Pemkot Semarang Tegas Tertibkan Tower Telekomunikasi Illegal

on . Posted in Perwakilan Jawa Tengah

Semarang, 92.6 FM-Sepanjang 2016 dan semester kedua 2017, Ombudsman RI Jawa Tengah menerima 14 pengaduan dari warga terkait keberadaan tower telekomunikasi yang diduga tidak memiliki izin dari pemerintah setempat.

Pelaksana tugas Kepala Ombudsman RI Jawa Tengah Sabarudin Hulu mengatakan, selama kurun waktu tiga tahun terakhir ini banyak masyarakat Kota Semarang yang melapor tentang permasalahan tower telekomunikasi ilegal. Mulai dari pembangunan tower tidak sesuai prosedur karena tidak memiliki izin prinsip, keterangan rencana kota dan izin mendirikan bangunan (IMB). Termasuk, tidak disetujui masyarakat sekitar pendirian tower.

Kasus pelaporan dua mahasiswa Unnes berakhir damai

on . Posted in Perwakilan Jawa Tengah

SEMARANG, Indonesia - Pelaporan terhadap dua mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes) akhirnya berakhir anti klimaks. Alih-alih diteruskan ke pengadilan, kedua pihak sepakat menyelesaikan di luar jalur hukum alias berdamai.

Kesepakatan itu diambil usai kedua pihak bertemu di ruang senat pada Rabu sore, 9 Agustus. Julio Belnanda Harianja dan Harist Akhmad Muzaki dilaporkan ke Polrestabes Semarang oleh pihak koordinator keamanan Unnes setelah mengkritik Menristekdikti Muhammad Nasir. Keduanya memberikan piagam dengan tulisan bernada satir ketika Nasir berkunjung ke Unnes pada 6 Juli.

Ombudsman Siap Telusuri Kinerja Pegawai Kelurahan dan Kecamatan yang Mengeluarkan SKTM Palsu

on . Posted in Perwakilan Jawa Tengah

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG – Ombudsman akan menelusuri kinerja aparat kelurahan dan kecamatan yang menerbitkan surat keterangan tidak mampu (SKTM) yang diperoleh calon siswa baru yang diduga curang dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB) SMA dan SMK online di Jawa Tengah.

Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Jawa Tengah, Sabarudin Hulu (35), mengatakan, ada lurah dan camat yang tak memverifikasi layak terima atau tidak warga yang mengajukan SKTM. Itu sebabnya, evaluasi terkait pelaksanaan PPDB online di Jawa Tengah juga perlu segera dilakukan.

 

“Beberapa hari ini kami melihat perlunya evaluasi penyelenggaraan PPDB 2017-2018 di Provinsi Jawa Tengah. Karena, beberapa peraturan tidak tersosialisasikan juga kepada masyarakat dan satuan pendidikan,” ungkapnya dalam acara buka puasa bersama di Kantor Ombudsman RI perwakilan Provinsi Jawa Tengah, Rabu (21/6/2017).

 

Sabarudin mengatakan, pihaknya menerima pengaduan terkait dugaan penyimpangan prosedur dalam PPDB online tersebut.

 

“Dugaan di antaranya, dari satuan pendidikan yang masih menerima SKTM dari calon peserta didik yang sebenarnya tak berhak atas SKTM tersebut. Kemudian, ada juga sektor pendidikan yang tidak mengakomodir hak-hak dari calon perseta didik,” ujar Sabarudin.

 

Sesuai Permendikbud dan Pergub Nomor 9 tahun 2017, calon peserta didik baru yang terbukti melakukan atau memberikan data palsu terkait PPDB akan dikeluarkan dari sekolah. Selain sanksi tersebut, ada pula sanksi pidana, terutama jika pihak lain yang merasa dirugikan membawa kasus itu ke ranah hukum. (*)

 

Sumber: http://jateng.tribunnews.com/2017/06/21/ombudsman-siap-telusuri-kinerja-pegawai-kelurahan-dan-kecamatan-yang-mengeluarkan-sktm-palsu

Ombudsman: Tradisi Balon Udara Harus Dikelola Demi Keselamatan Publik

on . Posted in Perwakilan Jawa Tengah

SEMARANG (BeritaTrans.com) – Keputusan terkait tradisi Balon Udara di Wonosobo dan beberapa kota lain di Jawa Tengah antara institusi pemerintah dan masyarakat Wonosobo yang berpolemik pelepasan balon udara tercapai.

Sebagai tradisi yang sudah ada sejak abad ke-18, tradisi Balon Udara di Jawa Tengah harus dikelola dengan baik sehingga tidak membahayakan keselamatan publik.

“Pelepasan balon udara merupakan fenomena khas dan ada sejarahnya sejak zaman Belanda serta tidak ada unsur kesengajaan dari masyarakat yang melepaskan untuk membahayakan keselamatan pihak lain. Karena itu tradisi ini tidak dilarang, tetapi harus dikelola dengan baik sehingga tidak membahayakan,” urai Anggota Ombudsman RI, Alvin Lie usai Forum Group Discussion (FGD) di Semarang, Jawa Tengah, Kamis (20/7/2017).