Ombudsman : Instansi Harus Berikan Pelayanan Secara Transparan Kepada Masyarakat

on . Posted in Perwakilan Jawa Barat

Fajarnews.com, MAJALENGKA - Dinas atau instansi terkait sudah seharusnya mengumumkan informasi seputar pelayanan publik secara terbuka dan transparan kepada masyarakat. Hal tersebut bisa menjadi rujukan tentang ukuran ketransparanan suatu instansi, sehingga dinilai baik oleh masyarakat.

Hal ini ditegaskan salah satu asisten Ombudsman, Kartika Purwaningtiyas, dalam sosialisasi bersama sejumlah OPD di gedung Yudha Majalengka, Rabu (26/4). Kartika mendorong agar instansi harus benar-benar transparan memberikan informasi kepada masyarakat.

"Bentuknya bisa berupa spanduk yang dipajang di depan kantor, atau pamflet karena itu merupakan informasi yang harus diketahui oleh masyarakat. Misalnya, untuk pelayanan pengurusan surat-surat kalau memang berbiaya cantumkan nilainya berapa, agar masayarakat juga mempersiapkannya," ujar Kartika.

Ketika tidak adanya informasi yang real, yang harus diinformasikan kepada masyarakat maka harus benar-benar transparan. Jika memang gratis dan tanpa dipungut biaya, maka hal tersebut harus benar-benar gratis.

"Artinya jangan membohongi publik, kalau gratis ya harus gratis, kalau dipungut biaya padahal di sana gratis, maka masyarakat bisa protes langsung," cetusnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Majalengka, H. Karna Sobahi menilai bahwa masih ada beberapa instansi yang masih kurang transfaran dalam menginformasikan kepada masyarakat. Sehingga diharapkan instansi tersebut bisa transparan kepada publik.

"Terutama untuk instansi yang memang bersentuhan langsung dengan masyarakat seperti rumah sakit, hal semacam ini harus benar benar ada, supaya masyarakat benar-benar mengetahuinya," ungkapnya.

(Sumber: http://news.fajarnews.com/read/2017/04/26/15106/ombudsman.instansi.harus.berikan.pelayanan.secara.transparan.kepada.masyarakat)

Tags: ombudsman jawa barat, pelayanan publik

Lock full review www.8betting.co.uk 888 Bookmaker