2 Hari Pelaksanaan UNBK SMK, Ini Hasil Pemantauan Ombudsman Jabar

on . Posted in Perwakilan Jawa Barat

Bandung - Ombudsman perwakilan Jawa Barat melakukan pemantauan ke sejumlah sekolah selama berlangsungnya ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tingkat SMK. Berdasarkan hasil pemantauan, Ombudsman menilai masih ada pengawas yang kurang disiplin selama jalannya UNBK.

Selama dua hari pelaksanaan UNBK dari Senin (3/4) dan Selasa (4/4), Ombudsman melakukan pemantauan langsung di dua sekolah di Kota Cimahi, Jawa Barat yakni SMKN 1 Cimahi dan SMK Wiraswasta.

"Dari hasil pemantauan kami dari luar ruangan, masih terlihat pengawas membiarkan siswa berkomunikasi di dalam ruangan ujian," ujar Kepala Ombudsman perwakilan Jawa Barat, Haneda Sri Lastoto kepada detikcom via telepon, Selasa (4/4/2017).

Haneda mengatakan, para siswa berkomunikasi secara langsung dengan sesama peserta ujian. Tidak hanya satu atau dua detik, kata Haneda, berdasarkan pemantauan, banyak siswa yang terlihat berbincang di dalam ruangan.

"Siswanya berkomunikasi, pengawasnya membiarkan. Kalau toh ada keperluan apakah itu berkaitan sarana prasarananya (komputer), seharusnya melalui pengawas," katanya.

Kejadian seperti ini, kata dia, memang sering terjadi setiap tahunnya. Meskipun hanya bersifat pelanggaran ringan, sambung Haneda, pembiaran siswa berkomunikasi di dalam kelas tetap melangar aturan Standar operasional Prosedur (SOP) penyelenggaraan UNBK.

"Pelanggara-pelanggaran itu sifatnya masih standar, tetapi karena ini ujian nasional, maka pelanggaran apapun seharusnya dihindarkan," katanya.

Hasil temuan ini, kata Haneda, akan disampaikan ke Dinas Pendidikan (Disdik) pemerintah setempat.

"Hasil pemantauan ini juga akan menjadi laporan nasional yang akan disampaikan ke Kemendikbud digabung dengan laporan dari 32 kantor perwakilan Ombudsman lainnya," katanya.

(Sumber: https://news.detik.com/berita-jawa-barat/d-3465049/2-hari-pelaksanaan-unbk-smk-ini-hasil-pemantauan-ombudsman-jabar)

Tags: ombudsman jawa barat, pelayanan publik USBN 2017 unbk 2017

Lock full review www.8betting.co.uk 888 Bookmaker