logo12

Dua Hari UNBK, Ombudsman Masih Temukan Pengawas Tak Disiplin

on . Posted in Perwakilan Jawa Barat

BANDUNG – Selama dua hari pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2017, Ombudsman Jawa Barat melakukan pantauan ke beberapa sekolah di provinsi ini. Hasilnya masih saja ada pengawas yang kurang disiplin karena membiarkan siswa saling berkomunikasi saat UNBK berlangsung.

“Hasil pantaun kami dari luar ruangan masih terlihat pengawas membiarkan siswa berkomunikasi di dalam ruangan ujian,” ujar Kepala Ombudsman Perwakilan Jawa Barat Haneda Sri Lastoto yang dihubungi wartawan, Selasa (4/4/2017).

Pantauan langsung dilakukan Ombudsman di dua sekolah di Kota Cimahi yakni di SMKN 1 Cimahi dan SMK Wiraswasta. Dikatakan masih saja ada peserta ujian yang terlihat saling berkomunikasi dalam ruangan saat UNBK berlangsung.

Jika para peserta ujian ada keperluan berkaitan saran dan prasarana (komputer), lanjutnya, hal itu seharusnya bisa disampaikan langsung kepada pengawas, bukan kepada peserta lainnya.

“Siswanya berkomunikasi, pengawasnya membiarkan,” katanya.

Kejadian ini menurutnya memang sering terjadi setiap tahunya. ‎Meski hanya pelanggaran ringan namun berkomunikasi sesama peserta ujian tetap pelanggaran dalam penyelenggaraan UNBK.

“Karena ini ujian nasional, maka pelanggaran apapun seharusnya dihindarkan,” katanya seraya menambahkan jika hasil temuan ini akan disampaikan Ombudsman ke Dinas Pendidikan daerah setempat, dan juga menjadi laporan nasional yang bakal disampaikan ke Kemendikbud.‎

“Hasil pemantauan ini juga akan menjadi laporan nasional yang akan disampaikan ke Kemendikbud,” katanya.

(Sumber: http://sindojabar.com/dua-hari-unbk-ombudsman-masih-temukan-pengawas-tak-disiplin/)

Tags: ombudsman jawa barat, pelayanan publik USBN 2017 unbk 2017