UNBK Tingkat SMP, 70 Persen Masih Gabung di SMK dan SMA

on . Posted in Perwakilan Jawa Barat

RMOLJabar. Asisten Ombudsman RI Perwakilan Jawa Barat yang juga menjadi Koordinator Pemantauan Pelaksanaan UN dan USBN tahun 2017 Noer Adhe Purnama mengatakan, Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) itu hampir 70 persen masih gabung ke SMK atau SMA dalam pelaksanaan ujiannya.

Ia mengira perbedaan waktu ujian SMK, SMA dan SMP untuk perbaikan sistem agar sistem tidak terlalu kerja keras, karena siswa SMK/SMA ini jutaan orang di Indonesia.

Ombudsman Jabar Nilai UNBK 2017 Bisa Terindikasi Pungli

on . Posted in Perwakilan Jawa Barat

BANDUNG, (PRFM) - Koordinator Pemantauan Pelaksanaan UN-UNBK Ombudsman Jawa Barat, Noer Adhe Purnama mencurigai pelaksanaan UNBK 2017 bisa terindikasi pungutan liar (pungli). Pasalnya, sejumlah SMP di Jawa Barat khususnya Kota Cimahi dan Bandung yang belum siap secara fasilitas komputer harus menumpang menggelar ujian di sekolah lain.

Menurut Adhe, dengan sistem menumpang tersebut bisa menjadi peluang sekolah meminta uang tambahan kepada orang tua siswa dengan dalih biaya pemeliharaan komputer. Kasus seperti ini dituturkannya pernah terjadi pada tahun 2016 lalu.

"Hampir 60 persen SMP di Cimahi dan juga Bandung itu pelaksanaan UNBK-nya menumpang ke SMA atau SMK lainnya, mereka belum bisa mengadakan ujian secara mandiri. Sehingga peluang ini lah yang membuat adanya indikasi sekolah memberatkan biaya tambahan ke orang tua siswa dari sekolah yang ditumpangi," ucap Adhe kepada Radio PRFM, Rabu (5/4/2017).

Ombudsman Temukan Pengawas UNBK Acuh

on . Posted in Perwakilan Jawa Barat

jabarekspres.com, BANDUNG – Ombudsman Perwakilan Provinsi Jawa Barat menemukan pengawas Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2017 acuh saat melaksanakan tugasnya. Selama dua hari pelaksanaan, Ombudsman melakukan pemantauan langsung di dua sekolah di Kota Cimahi yakni SMK Negeri 1 Cimahi dan SMK Wiraswasta.

Hasilnya, Ombudsman melihat pengawas yang membiarkan siswa berkomunikasi di dalam ruang ujian. Atas kejadian itu, Tim Ombudsman Jawa Barat berharap hal tersebut tidak ditemukan pada pemantauan hari-hari berikutnya.

”Berdasarkan Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2016/2017 dari Badan Standar Nasional Pendidikan pengawas wajib memastikan UNBK yang dilaksanakan berjalan sesuai dengan prosedur secara tertib dan konsisten. Membiarkan peserta berkomunikasi di dalam ruangan merupakan salah satu bentuk pelanggaran, meskipun ringan,” ujar Asisten Ombudsman Perwakilan Jabar Nur Adhe Purnama kepada Jabar Ekspres kemarin (4/4).

Lock full review www.8betting.co.uk 888 Bookmaker