logo12

Ombudsman Minta Angkasa Pura dan Warga Tahan Diri

on . Posted in Perwakilan DI Yogyakarta

KULONPROGO,suaramerdeka.com– Ombudsman Republik Indonesia (ORI) meminta PT Angkasa Pura I dan warga penolak pembangunan bandara agar sama-sama menahan diri. Selama tiga hari ORI mengumpulkan keterangan warga terkait kemungkinan adanya mal administrasi proses pengosongan lahan New Yogyakarta International Airport (NYIA) seperti yang dilaporkan warga.

Pengumpulan keterangan dilakukan Selasa (12/12) hingga Kamis (14/12) di posko Paguyuban Warga Penolak Penggusuran Kulonprogo (PWPP-KP) yang ada di salah satu rumah warga di Pedukuhan Kragon II, Desa Palihan, Kecamatan Temon. Adapun warga yang dimintai keterangan dari Desa Palihan dan Desa Glagah.

Selesaikan Investigasi, ORI Minta Angkasa Pura Tunda Pengosongan Lahan Bandara

on . Posted in Perwakilan DI Yogyakarta

TRIBUNJOGJA.COM, KULONPROGO - Kantor Ombudsman Republik Indonesia (ORI) perwakilan DIY akan menelisik lebih dalam posisi hukum proses konsinyasi dana ganti rugi pembebasan lahan bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) dengan meminta keterangan dari para ahli.

Sembari itu, ORI meminta pemrakarsa pembangunan bandara, PT Angkasa Pura I untuk tak melakukan pengosongan lahan dan pembongkaran bangunan terlebih dulu.

Terutama, atas tanah dan bangunan yang masih dihuni sebagian warga terdampak yakni warga yang bertahan menolak proyek pembangunan tersebut.

Ketua ORI DIY, Budhi Masthuri mengatakan, pihaknya saat ini masih melakukan investigasi atas dugaan maladministrasi dalam kegiatan pengosongan lahan dan pembongkaran bangunan oleh PT AP I yang dilaporkan oleh warga, beberapa waktu lalu.

Di antaranya terkait laporan pemutusan aliran listrik, sikap aparat keamanan yang dinilai warga cenderung kasar, dan lainnya.

Fokus utama investigasi adalah menemukan kesesuaian perangkat aturan dan prosedur standar dengan fakta kejadian di lapangan.

Dugaan Maladministrasi Bandara Kulon Progo, Ini Fokus Investigasi Ombudsman

on . Posted in Perwakilan DI Yogyakarta

KBR, Jakarta - Lembaga pengawas pelayanan publik Ombudsman Yogyakarta menemukan indikasi pelanggaran dalam pengosongan lahan Bandara Internasional Yogyakarta atau New Yogyakarta International Airport (NYIC) di Kulon Progo.

 

Menurut Kepala Ombudsman Yogyakarta Budhi Masturi, indikasi pelanggaran itu terletak pada prosedur pencabutan aliran listrik, pembongkaran tanpa izin, dan mekanisme penggusuran oleh aparat keamanan.

 

'Jangan Provokasi Warga Kulon Progo'

on . Posted in Perwakilan DI Yogyakarta

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA - Manajer Proyek New Yogyakarta International Airport (NYIA) PT Angkasa Pura I Sujiastono meminta agar provokasi pada warga Kulon Progo dihentikan karena akan merugikan masyarakat Kulon Progo itu sendiri. Ia meminta jika ingin menyampaikan aspirasi sebaiknya dilakukan dengan jalur yang tepat.

 

"Pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab menghasut memprovokasi warga hendaknya menghentikan karena merugikan masyarakat di Kulon Progo. Kalau mahasiswa mau menyampaikan aspirasi rakyat, jangan di jalan, sebaiknya di kampus misalnya dalam bentuk seminar," katanya di Kepatihan Yogyakarta, Kamis(7/12).

 

Pembongkaran lahan bandara Yogyakarta 'dilanjutkan', sekelompok mahasiswa protes

on . Posted in Perwakilan DI Yogyakarta

Walaupun mendapat penolakan sebagian warga yang terdampak dan sekelompok mahasiswa, pembongkaran tahap kedua proyek pembangunan bandara baru Yogyakarta di Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta, tetap dilanjutkan.

 

Hal itu disampaikan pimpinan proyek pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA), Sujiastono, usai menerima kedatangan Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Yogyakarta, Rabu (06/12).