logo12

Bangka Tengah Pertama Terapkan Lapor SP4N, Menyerap Keluhan Masyarakat Lebih Cepat

on . Posted in Perwakilan Bangka Belitung

KOBA, BANGKA POS - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) saat ini telah menerapkan Program Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat sebagai Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan PublikNasional (Lapor SP4N). Program ini diperuntukan untuk masyarakat yang ­ingin membuat keluhan atau pengaduan tentang kinerja pemerintah.

Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh sangat mengapresiasi adanya program tersebut. Menurutnya, de­ngan adanya program tersebut penanganan pengaduan lebih efektif dan cepat terselesaikan.

 

“Penanganan pengaduan yang efektif dan memberikan penyelesaian bagi masyarakat berkontribusi secara langsung terhadap perbaikan tata kelola pemerintahan yang baik dan memperkuat fungsi pelayanan publik. Pengawasan pelayanan publik melalui pengaduan masyarakat juga dapat mencegah terjadinya tindak pidana korupsi mengurangi potensi konflik sehingga membantu terciptanya rasa aman di tengah-tengah masyarakat,” ujar Ibnu.

Ibnu mengatakan SP4N dibentuk untuk merealisasikan kebijakan ‘No Wrong Door Policy’ yang menjamin hak masyarakat agar pe­ngaduan dari manapun dan jenis apapun akan disalurkan kepada penyelenggaraan pelayanan publik yang berwenang menanganinya.

Sedangkan untuk lapor merupakan layanan penyampaian semua aspirasi dan pe­ngaduan rakyat secara online yang sudah terintegrasi menjadi sistem pengelolaan SP4N yang dikembangkan bersama Kantor Staf Kepre­sidenan, Kemenpan RB serta Ombudsman RI.

“Di Kabupaten Bangka Tengah sendiri Program Lapor SP4N merupakan bentuk komitmen seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah untuk memberikan ruang partisipasi yang luas bagi masyarakat guna mengawasi pelaksanaan program pembangunan serta pelayanan publik,” katanya.

Sekretaris Kedeputian Pelayanan PublikKemenpan RB RI, Dwiyoga P Soediarto mengatakan Program Lapor SP4N merupakan kerjasama antara Lembaga Ombudsman Republik Indonesia, Kantor Staf Kepresidenan dan Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia.

“Dengan program ini maka pemanfaatan teknologi dianggap cara yang paling tepat, efektif dan efisien dalam mengelola sistem pengelolaan pengaduan pelayanan publik nasional. Informasi yang begitu cepat saat ini membuat pemerintah juga harus menyikapi berbagai persoalan secara cepat pula, karena kalau tidak bisa jadi informasi dan berita terlanjur menyebar dan menimbulkan masalah baru.

Oleh karena itu penerapan sistem pelaporan dari warga masyarakat sangat mendesak untuk dilakukan, disamping untuk menyikapi perkembangan global juga utamanya adalah untuk meningkatkan pela­yanan kepada masyarakat,” ujarnya.

Dwi mengapresiasi kinerja Pemkab Bangka Tengah yang sukses menerapkan Program Lapor SP4N. Menurutnya, Bangka Tengah merupakan daerah pertama di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang menerapkan program tersebut.

“Kami apresiasi kinerja Pemkab Bangka Tengah menerapkan program ini, karena di Babel baru Bangka Tengah yang menerapkan. Program ini untuk mempermudah masyarakat yang ingin melapor setiap keluhan yang ada,” paparnya.

Kabag Humas Setda Bangka Tengah, Fani Hendra Saputra mengatakan pihaknya akan memaksimalkan program tersebut untuk memudahkan masyarakat yang ingin melapor. Tiap OPD menurutnya akan berperan aktif untuk menjawab keluhan yang ada.

“Kita ingin masyarakat yang ingin mengeluh apapun ada sarananya, tidak bingung lagi, dengan program ini kita mantapkan setiap potensi yang ada,” ucap Fani.

Ditambahkan Fani, masyarakat dapat melaporkan semua jenis permasalahan yang berkaitan dengan kinerja pemerintah. Dengan begitu menurutnya, pemerintah daerah dapat cepat menanggapi setiap permasalahan.

“Saat ada keluhan yang masuk kita akan langsung teruskan ke penghubung yaitu OPD di Pemkab Bangka Tengah, dengan begitu permasalahan cepat teratasi supaya bateng lebih baik lagi dan lebih maju,” tegasnya. (adv/gio/may)

Sumber: http://bangka.tribunnews.com/2017/10/10/bangka-tengah-pertama-terapkan-lapor-sp4n-menyerap-keluhan-masyarakat-lebih-cepat