logo12

Tugas dan Fungsi Perwakilan Ombudsman Republik Indonesia

 

Fungsi

Perwakilan Ombudsman berfungsi mengawasi Pelenggaraan Pelayanan Publik diwilayah kerjanya baik diselenggarakan oleh penyelenggara Negara dan Pemerintahan termasuk yang diselenggarakan oleh Badan Usaha Milik Negara, Badan Usaha Milik Daerah, dan Badan Hukum Milik Negara serta Swasta atau perseorangan yang diberi tugas menyelenggarakan Pelayanan Publik tertentu yang sebagian atau seluruh dananya bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja Negara dan atau/ anggaran pendapatan dan belanja daerah.(Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 21 Bab III Pasal 5 Tahun 2011 Tentang Pembentukan, Susunan, dan Tata Kerja Perwakilan Ombudsman Republik Indonesia di Daerah)

Tugas

  1. Menerima Laporan atas dugaan Maladministrasi dalam penyelenggaran Pelayanan Publik diwilayah kerjanya
  2. Melakukan pemeriksaan subtansi atas Laporan diwilayah kerjanya
  3. Menindak lanjuti Laporan yang tercangkup dalam ruang lingkup kewenangan Ombudsman diwilayah kerjanya.
  4. Melakukan investigasi atas prakarsa sendiri terhadap dugaan maladministrasi dalam penyelenggaran Pelayanan Publik diwilayah kerjanya.
  5. Melakukan koordinasi dan kerjasama dengan pemerintahan daerah, instansi pemerintah lainnya, lembaga pendidikan, lembaga kemasyarakatan, dan perseorangan
  6. Membangun jaringan kerja
  7. Melakukan upaya pencegahan maladministrasi dalam penyelenggaraan Pelayanan Publik diwilayah kerjanya dan
  8. Melakukan tugas lain yang diberikan oleh Ombudsman.

(Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 21 Bab III Pasal 6 Tahun 2011 Tentang Pembentukan, Susunan, dan Tata Kerja Perwakilan Ombudsman Republik Indonesia di Daerah)