logo12

Siaran Pers: Polemik Rangkap Jabatan, Ombudsman RI Beri Solusi Kepada Pemerintah

on . Posted in Siaran Pers

Siaran Pers
Jumat, 16 Juni 2017

Polemik Rangkap Jabatan, Ombudsman RI Beri Solusi Kepada Pemerintah

Pelarangan Pelaksana Pelayanan Publik rangkap jabatan sebagai Komisaris BUMN jelas tertulis pada pasal 17 UU 25/2009 tentang Pelayanan Publik namun tetap saja terdapat rangkap jabatan yang berakibat pada permasalahan rangkap penghasilan, lunturnya integritas, dan memunculkan pejabat yang tak kompeten.

Data temuan Ombudsman RI dari 541 jabatan komisaris di 141 BUMN, 222 di antaranya berpotensi diduduki oleh pejabat publik. Data tersebut belum termasuk BUMD. Temuan data Ombudsman masih perlu di verifikasi kebenarannya kepada instansi yang hari ini dihadirkan di kantor Ombudsman RI.

Siaran Pers: Ombudsman RI Beri Saran kepada 3 Menteri dan Kepala Daerah

on . Posted in Siaran Pers

SIARAN PERS - OMBUDSMAN REPUBLIK INDONESIA
Jumat, 16 Juni 2017

Ada Maladministrasi dalam Penyelesaian Status Kelembagaan Perguruan Tinggi Kesehatan Milik Pemerintah Daerah, Ombudsman RI Beri Saran kepada 3 Menteri dan Kepala Daerah

“Sejak terdapat peraturan bahwa tenaga kesehatan minimal dari diploma tiga (D3) maka Perguruan Tinggi Kesehatan Milik Pemerintah Daerah (PT-Kesda) didirikan untuk mengakomodir kebutuhan tenaga kesehatan dan tersebar di beberapa daerah. Sejak tahun 1997 sampai dengan tahun 2012 sudah terdapat sekitar 11 peraturan/kebijakan baik yang diterbitkan Pemerintah Pusat maupun Daerah namun payung hukum bagi PT-Kesda belum juga memihaknya. Permasalahan baru muncul pada saat terbit UU 23 Tahun 2014 tentang Pemda yang mengatur pengelolaan pendidikan tinggi merupakan kewenangan pemerintah pusat pada kenyataannya justru pemerintah pusat belum siap menerima kewenangan dimaksud”

Siaran Pers: Sayembara Logo untuk Khalayak agar Lebih Kenal Ombudsman RI

on . Posted in Siaran Pers

SIARAN PERS
OMBUDSMAN REPUBLIK INDONESIA


Rabu, 12 April 2017

Sayembara Logo untuk Khalayak agar Lebih Kenal Ombudsman RI

Sebanyak 4.504 desain logo masuk kantong surel panitia sayembara logo Ombudsman RI. Sebagian besar makna filosofis yang ditawarkan melekat erat pada tugas dan fungsi Ombudsman. Semakin masyarakat mengenal Ombudsman RI, masyarakat semakin tahu hak dan kewajibannya dalam penyelenggaraan pelayanan publik, sayembara desain logo Ombudsman RI berhasil meluas di masyarakat Indonesia

JAKARTA – Sayembara Desain Logo Ombudsman Republik Indonesia resmi berakhir pada 28 Februari 2017, animo masyarakat dalam mengirimkan karya desainnya tak terbendung. Dengan jumlah penerimaan fantastis 4.504 desain logo, sayembara desain logo Ombudsman RI terbilang sukses di terima masyarakat Indonesia.

Perayaan HUT ke-17: Ombudsman Beri Apresiasi Pelaksana Pelayanan

on . Posted in Siaran Pers

JAKARTA – Ombudsman Republik Indonesia, pada hari ini, 10 Maret, genap berusia 17 tahun. Pada perayaan hari jadinya, lembaga negara pengawas pelayanan publik ini memberikan apresiasi kepada sejumlah pelaksana pelayanan yang telah menunjukkan dedikasinya secara langsung kepada masyarakat. Untuk pemberian apresiasi itu, Ombudsman RI menerjunkan tim ke dua titik: Stasiun Manggarai dan Pintu Air Manggarai.

Stasiun Manggarai dipilih menjadi obyek pemberian apresiasi karena titik ini tidak pernah sepi dari masyarakat pengguna pelayanan. Selain menjadi salah satu titik transit, Stasiun Manggarai dikenal dengan pengguna Commuter Line yang membludak pada pagi dan malam hari. Kondisi ini jelas membutuhkan para pelaksana pelayanan yang solid dan gigih. Atas dasar itu, apresiasi bagi para pelaksana pelayanan di Stasiun Manggarai perlu dilakukan.

Penganugerahan Predikat Kepatuhan sesuai UU No.25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik dan Peresmian Kode Akses (Call Center) 137 Ombudsman RI

on . Posted in Siaran Pers

Siaran Pers

Jakarta 7 Desember 2016


Penganugerahan Predikat Kepatuhan sesuai UU No.25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik dan Peresmian Kode Akses (Call Center) 137 Ombudsman RI


Ombudsman RI sebagai Lembaga Negara Pengawas Pelayanan Publik pada hari ini menyelenggarakan penganugerahan Predikat Kepatuhan sekaligus meresmikan Call Center 137 bagi Ombudsman RI.

Pemberian Predikat Kepatuhan yang telah diselengggarakan oleh Ombudsman RI sejak tahun 2013 hingga pada hari ini dihadiri oleh seluruh Kementerian dan Lembaga Negara, Pemerintah Propinsi, Pemerintah Kabupaten serta Pemerintah kota.

Artikel Ombudsman