Dua Pasangan Cagub DKI Hadiri Pengukuhan Komitmen Bersama

on . Posted in Berita

Ombudsman Akan Gelar Acara Serupa Di Daerah

JAKARTA- Dua Pasangan Cagub dan Cawagub DKI nomor 1 dan Cawagub Nomor 3 menandatangani Komitmen Bersama untuk mewujudkan Jakarta yang Terbuka dan bebas dari Maladministrasi yang diselenggarakan Ombudsman RI bersama Komisi Informasi DKI pada Selasa (1/11). Acara serupa rencananya juga akan diselenggarakan di daerah lain.

Ketiga calon tersebut yakni Agus Harimurti Yudhoyono, Sylviana Murni, dan Sandiaga Uno. Ketua Ombudsman RI, Amzulian Rifai, Anggota Ombudsman RI Ahmad Alamsyah Saragih dan Ketua Komisi Informasi DKI Gede Narayana menyaksikan penandatangan Komitmen Bersama oleh ketiga calon yang hadir.
Dalam sambutannya, Ketua Ombudsman RI Amzulian Rifai mengatakan acara ini bertujuan untuk menggugah para kandidat pemimpin DKI untuk memperbaiki kualitas pelayanan publik jika terpilih nanti. “Tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini pelayanan publik di negara kita masih diskriminatif. Saat ini jumlah laporan yang masuk ke Ombudsman sebanyak 6.859 dan akan terus meningkat,” ujarnya dalam acara yang diselenggarakan di Hotel Sari Pan Pasific Jakarta Pusat tersebut.

Amzulian melanjutkan, kepala daerah merupakan posisi sentral dalam menyejahterakan rakyatnya. Sehingga mereka memiliki peran penting pula dalam mewujudkan pelayanan publik yang prima kepada rakyatnya, “Masalah pelayanan publik ini jangan dianggap remeh. WNI akan dengan mudah berganti kewarganegaraan karena di negara lain pelayanan publiknya lebih bagus dari negeri sendiri,” tuturnya.

Di samping itu, menurut Amzulian acara pengukuhan Komitmen Bersama para kandidat Pilkada DKI ini juga merupakan salah satu upaya untuk mencegah korupsi. Karena cikal bakal korupsi adalah maladministrasi. “Sebisa mungkin kita cegah jangan sampai maladministrasi. Sehingga korupsi tidak perlu terjadi,” imbuhnya.

Untuk itu Amzulian menegaskan kegiatan serupa juga akan dilaksanakan di daerah lain, tak hanya DKI Jakarta. “Ombudsman RI memiliki 33 Kantor Perwakilan di tingkat Provinsi. Sehingga sangat memungkinkan jika acara serupa seperti ini akan kita selenggarakan di daerah lain,” kata dia.

Hal tersebut diamini oleh Ketua Komisi Informasi (KI) DKI Jakarta, Gede Narayana. Dirinya berharap Komisi Informasi di Provinsi lain juga menggelar Komitmen Bersama bagi para kandidat Pilkada di daerah masing-masing. “Siapapun cagub dan cawagub yang terpilih, harus mendukung keterbukaan informasi publik dan pemerintahan yang bebas dari maladministrasi. Semoga KI di daerah lain juga melaksanakan acara seperti ini,” kata Gede dalam sambutannya.

Sementara itu, Cagub DKI nomor 1 Agus Harimurti Yudhoyono didampingi Cawagub nomor 1 Sylviana Murni mengatakan pihaknya menyambut baik inisiatif yang dilakukan Ombudsman RI dan KI DKI. “Kami sepakat bahwa tata kelola pemerintahan merupakan sesuatu yang fundamental. Tidak hanya dari pemimpin tetapi juga harus sampai ke bawah sehingga menjadi suatu sistem," ujar Cagub yang dikenal dengan sebutan AHY ini.

Hal yang serupa juga disampaikan Cawagub DKI nomor 3 Sandiaga Uno. “Saya rasa memang perlu untuk melakukan keterbukaan publik termasuk dalam penyelenggaraan pemilu. Ini bukan sekedar dorongan lembaga negara tetapi juga dorongan publik yang harus kita wujudkan,” tegasnya. (Humas ORI)

Tags: Ombudsman Republik Indonesia pelayanan publik pilkada 2017

Lock full review www.8betting.co.uk 888 Bookmaker

Artikel Ombudsman

  • Pelayanan Publik Inklusif

    OMBUDSMAN Republik Indonesia sejak 2013 telah melakukan penilaian dan pemeriksaan tingkat kepatuhan di kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah terhadap standar pelayanan publik.