Tags: berita, ombudsman,

Ombudsman: PNS Jadi Calo Izin Usaha

on . Posted in Berita

Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Ombudsman Republik Indonesia Danang Girindrawardana menuturkan banyak potensi pungutan liar dalam sektor izin usaha. Pasalnya, birokrasi di level daerah dinilai berbelit dan melibatkan banyak lapis pegawai negeri.
itu ditemukan dari hasil investigasi Ombudsman di tiga daerah yakni DKI Jakarta, Surabaya, dan Bandung. "Pegawai Negeri Sipil (PNS) masih berusaha menjadi calo di sektor izin hotel, restoran, dan usaha lain. Di Bandung, Jakarta, dan Surabaya, PNS juga jadi calo," ujar Danang dalam paparan hasil investigasi Ombudsman di kantornya, Jakarta, Senin (22/12).

Pelayanan Publik di Surabaya & Bandung Diduga Menyimpang

on . Posted in Berita


JAKARTA - Lembaga Negara Pengawas Pelayanan Publik, Ombudsman Republik Indonesia, menemukan lima jenis penyimpangan pelayanan publik dalam pengurusan izin usaha untuk UKM sektor perdagangan, hotel dan restoran di dua kota yaitu Bandung dan Surabaya.
Lima praktik maladministrasi itu meliputi, penyimpangan prosedur, permintaan uang atau imbalan, tidak kompeten, di luar kompetensi, dan bertindak tidak patut.
Ketua Ombudsman RI Danang Girindrawardana menyatakan, salah satu contoh penyimpangan prosedur yang ditemukan adalah, adanya negosiasi jangka waktu penyelesaian dan tarif. Adapun terkait pungutan liar, potensi pungutannya berkisar antara Rp1 miliar sampai Rp11 miliar.
“Besaran uang itu diperoleh dari pengurusan Surat Keterangan Domisili Perusahaan (SKDP) di kelurahan atau kecamatan, dihitung dari besarnya SIUP yang dikeluarkan bagi unit usaha,” kata Danang dalam press rilisnya yang diterima SINDO, Minggu (21/12/2014).

Ombudsman teken kerja sama pelaporan online dengan Mabes Polri

on . Posted in Berita

Merdeka.com - Ombudsman membuat terobosan kerja sama di bidang penyelesaian pelaporan dengan Mabes Polri. Hal itu sudah dimulai pada tahap kesepakatan tertulis antar dua lembaga tersebut.

"Kami di bidang penyelesaian laporan Ombudsman ada MoU dengan Mabes Polri. Ini namanya pedoman kerja semacam SOP," kata Komisioner Ombudsman bidang pengaduan/penyelesaian laporan Budi Santoso di kantor Ombudsman Jakarta, Rabu (17/12).

Menurutnya nota kesepahaman itu akan direalisasikan pada awal tahun depan. Di antaranya terkait pelaporan online yang terhubung dengan Mabes Polri.

"Salah satunya direncanakan nanti mudah-mudahan awal 2015. Kami akan mengusahakan pengelolaan laporan ke sini (Ombudsman) terkoneksi ke Mabes Polri agar tidak rumit seperti dulu," terang dia.

Kerja sama terkait pelaporan online ini ada beberapa opsi yang menjadi pilihan. Strategi ini diharapkan memperpendek proses penanganan laporan di Ombudsman selama ini.

"Kemarin ada beberapa opsi lewat email, mailing list atau membuat software. Ini akan membuat komunikasinya semakin cepat dan memangkas waktu," ujarnya.

[has]

Sumber:

http://www.merdeka.com/peristiwa/ombudsman-teken-kerja-sama-pelaporan-online-dengan-mabes-polri.html

Ini Lima Daerah Terbanyak Mengadu ke Ombudsman

on . Posted in Berita

Kamis, 18 Desember 2014 | 05:06 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Anggota Ombudsman bidang Penyelesaian Laporan dan Pengaduan Budi Santoso menyebutkan, ada lima daerah yang paling banyak mengadu kepada Ombudsman. "Secara berurutan DKI Jakarta (433), Jawa Timur (413), Jawa Barat (342), Sulawesi Utara (312), dan Jawa Tengah (269)," kata Budi, dalam acara Laporan Akhir Tahun Pengaduan Masyarakat 2014, Rabu, 17 Desember 2014.

Antusiasme Siswa SMA Al-Izhar Mengunjungi Ombudsman

on . Posted in Berita

JAKARTA – Untuk lebih mengenal pentingnya pelayanan publik bagi masyarakat, siswa Kelas XI IPS SMA Al-Izhar Pondok Labu Jakarta Selatan mengunjungi Ombudsman RI (15/12). Sekitar 60-an siswa hadir beserta beberapa guru pendamping ini diterima oleh Ombudsman Bidang Pencegahan M. Khoirul Anwar, Kepala Biro Administrasi dan Sistem Informasi Laporan Budiono Widagdo, Kepala Bagian Hukum dan Humas Marsetiono, Kepala Sub Bagian Humas Fatma Puspitasari dan insan Ombudsman lainnya.

Ombudsman M. Khoirul Anwar menyambut gembira atas kedatangan siswa-siswi SMA Al-Izhar. “Kedatangan teman-teman semua menjadi perkenalan awal terhadap Ombudsman, sehingga mengenal pelayanan publik sejak dini. Dan nantinya, ketika teman-teman berurusan dengan penyelenggara publik, teman-teman sudah tahu hak dan kewajibannya” Tegasnya.

Dalam paparannya, M.Khoirul Anwar menjelaskan sejarah berdirinya Ombudsman, tugas, fungsi dan wewenang Ombudsman, serta jenis-jenis maladministrasi.

Setelah mendengarkan paparan mengenai Ombudsman tersebut, siswa-siswi SMA Al-Izhar diajak melakukan simulasi pengaduan pelayanan publik. Seluruh siswa dibagi menjadi enam kelompok dimana masing-masing kelompok diberi contoh kasus pelayanan publik yang berbeda-beda. Dengan didampingi oleh asisten Ombudsman tiap kelompok mendapat penjelasan bagaimana melakukan pengaduan hingga tahap penyelesaian laporan. Fauzan, salah seorang guru pendamping, menyampaikan, model pembelajaran interaktif seperti ini dibutuhkan siswa. Sehingga para siswa tidak bosan dan diharapkan lebih memahami bagaimana pelayanan publik yang baik itu.(Humas Ombudsman)

 

Ombudsman Menyapa Warga Jogja

on . Posted in Berita

Yogyakarta – Ombudsman RI mengikuti Festival Antikorupsi 2014 selama tiga hari mulai 9-11 Desember 2014 di Grha Sabha Pramana Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Festival dengan tema ”Tegakkan Integritas” ini diadakan dalam rangka memperingati Hari Antikorupsi Sedunia dan hari ulang tahun Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang kesebelas.

Festival ini juga diikuti oleh 118 peserta lainnya seperti dari instansi kementerian, lembaga negara, pemerintah daerah,TNI, Polri, BUMN, BUMD, media massa, lembaga swadaya masyarakat, serta komunitas antikorupsi. Rangkaian acara selama festival antara lain, pameran integrity expo, seminar, lelang barang gratifikasi, konser antikorupsi, serta pameran foto. Tidak hanya itu, beberapa instansi juga mengadakan pelayan publik di lokasi festival seperti Polri yang menerima perpanjangan Kartu SIM, edukasi lalu lintas kepada pelajar, serta tidak ketinggalan Ombudsman RI juga membuka layanan pengaduan masyarakat lewat mobil Sosialisasi dan Klinik yang dimilikinya.

Keikutsertaan Ombudsman RI pada festival antikorupsi tahun 2014, sebagai bentuk sosialisasi kepada publik mengenai tugas, fungsi, wewenang, serta upaya-upaya Ombudsman dalam melakukan pengawasan terhadap pelayanan publik selama ini. Dalam festival ini, Ombudsman RI membuka stan pameran dan membagikan buku-buku, undang-undang, serta brosur mengenai Ombudsman RI. Selama tiga hari pameran, tidak kurang dari 500-an pengunjung memadati stan Ombudsman RI. Selain itu, beberapa pengunjung juga menggunakan kesempatan ini untuk melaporkan secara langsung permasalahan terkait pelayanan publik.

Salah seorang pengunjung, Fitri (26), menyambut baik dengan keikutsertaan Ombudsman dalam festival ini. “Saya sering mendengar Ombudsman, namun masih bingung apa itu Ombudsman. Tapi sekarang sudah tahu apa itu Ombudsman, dan jadi tahu kalau mau lapor tentang pelayanan publik harus kemana”, ujarnya. Tidak hanya itu, keberadaan stan Ombudsman juga diramaikan oleh mahasiswa Fakultas Hukum yang mencari data-data untuk menunjang perkuliahannya. Beberapa diantaranya juga mewawancarai kami untuk menanyakan tugas, fungsi, dan wewenang Ombudsman.(Humas Ombudsman)

Lock full review www.8betting.co.uk 888 Bookmaker

Artikel Ombudsman

  • Pelayanan Publik Inklusif

    OMBUDSMAN Republik Indonesia sejak 2013 telah melakukan penilaian dan pemeriksaan tingkat kepatuhan di kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah terhadap standar pelayanan publik.