logo12

IMHA Laporkan Kementerian Sosial ke Ombudsman

on . Posted in Berita

JAKARTA - Teuku Zefrial dari Indonesian Mental Health Association melaporkan Kementerian Sosial RI kepada Ombudsman RI pada Senin (23/10).  Laporan tentang  perlakuan yg diterima oleh pasien di panti sosial yg dirasa banyak melanggar HAM. 
 
Misalnya pemasungan, sarana dan prasarana yg tidak layak, pengurungan dalam sel kecil, penggundulan, pemaksaan pemasangan kontrasepsi bagi pasien wanita, memandikan pasien wanita secara telanjang dan masal  oleh petugas laki-laki. Selain itu, masih terdekat prosedur yang tidak jelas dan transparan dalam menangani pasien termasuk juga tidak ada monitoring dan evaluasi. Permasalahan sudah disampaikan ke Kemensos namun belum ada tindak lanjutnya. 
 
Teuku mengingatkan bahwa bulan November besok masuk 40 tahun peraturan Mendagri soal pelarangan pasung yang pada kenyataannya masih terjadi pemasungan bagi pasien. Mengingat  masalah lain yaitu ketersediaan rumah sakit dan   psikiater yang tidak memadai jumlahnya.  Hanya terdapat 48 RS Jiwa di seluruh Indonesia dan separuhnya ada di pulau Jawa. Teuku beranggapan bahwa Negara tidak hadir dalam penanganan  permasalahan ini. (ori)

Artikel Ombudsman