logo12

Tags: berita, ombudsman,

Ombudsman Lemhannas Jalin Kerjasama

on . Posted in Berita

Jakarta - Ombudsman Republik Indonesia (Ombudsman RI) bersama Asosiasi DPRD Kota Seluruh Indonesia (ADEKSI) menjalin kerjasama dengan Lemhannas RI melalui penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) yang berlangsung di Lobi Nusantara, Gedung Trigatra Lantai I, Lemhannas RI, Rabu (7/9). Nota Kesepahaman tersebut ditandatangani oleh Gubernur Lemhannas RI Agus Widjojo, Ketua Ombudsman Amzulian Rifai, serta Ketua ADEKSI Amruji.

Amzulian Rifai dalam sambutannya mengatakan bahwa bagi Ombudsman MoU ini sangatlah penting. "Paling tidak menyangkut dua hal, pertama, para pemimpin publik di republik ini ke depan akan lebih banyak lagi menuntut ilmu dan belajar di Lemhannas. Bagi Ombudsman bagaimana supaya ada peningkatan kesadaran para penyelenggara negara selama mengikuti pendidikan Lemhannas ini tentang meningkatnya pengetahuan pentingnya pelayanan publik bagi mereka dalam menjalankan tugas-tugasnya," terang Amzulian.

Ketua Ombudsman: KPU Harus Mendapatkan Kepercayaan Masyarakat

on . Posted in Berita

JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum sebagai lembaga penyelenggara pemilu diharapkan dapat mendapatkan kepercayaan penuh dari masyarakat. Sehingga penyelenggaraan pesta rakyat tersebut bisa berjalan dengan jujur dan adil.

Hal tersebut disampaikan Ketua Ombudsman Republik Indonesia Amzulian Rifai dalam sambutannya usai menjadi saksi dalam Pencanangan Zona Integritas di Lingkungan KPU di Jakarta Pusat, Senin (5/9). “KPU yang berintegritas akan menghasilkan hasil pemilu yang berkualitas,” kata dia.

Ketua Ombudsman RI: Bandung Layak Jadi Percontohan Pelayanan Publik

on . Posted in Berita

BANDUNG- Berbagai inovasi di bidang pelayanan publik yang dilakukan Pemerintah Kota Bandung membuat kota ini layak menjadi percontohan. Hal tersebut disampaikan Ketua Ombudsman Republik Indonesia Amzulian Rifai saat melakukan kunjungan kerja ke Balai Kota Bandung, Jumat (26/8).

"Bandung layak menjadi kota percontohan di bidang Layanan publik bagi daerah lain dengan inovasi yang telah dilakukan," ujar Amzulian.

Ombudsman Gencarkan Cara Baru Penanganan Laporan

on . Posted in Berita

BANDUNG- Kompleksitas permasalahan pelayanan publik yang dialami masyarakat mendorong Ombudsman Republik Indonesia untuk menjalankan mekanisme penyelesaiaan laporan gaya baru. Mekanisme yang biasa disebut Non-map Kuning ini dinilai lebih cepat dan efektif.

Anggota Ombudsman RI Prof. Adrianus Meliala mengatakan laporan masyarakat tentang pelayanan publik bisa dimaknai secara luas tidak hanya melalui laporan resmi. “Laporan dengan makna luas mencakup berita di media massa yang mengindikasikan telah terjadi maladministrasi. Termasuk komunikasi langsung baik melalui alat komunikasi maupun sosial media dari masyarakat yang mengalami maladministrasi,” terangnya saat memberikan materi dalam Rapat Kerja Nasional Bidang Penyelesaian Laporan Ombudsman RI, Rabu (24/8) di Bandung.

Kepala Ombudsman Perwakilan Provinsi Lampung Resmi Dilantik

on . Posted in Berita

BANDUNG- Ketua Ombudsman Republik Indonesia Prof. Amzulian Rifai melantik Kepala Perwakilan Provinsi Lampung periode 2016-2021 Nur Rakhman Yusuf di Bandung, Rabu (24/8). Dengan dilantiknya Kepala Perwakilan yang baru ini, diharapkan prestasi Kantor Perwakilan Provinsi Lampung bisa semakin meningkat.

Kepala Ombudsman RI, Prof. Amzulian Rifai mengatakan saat ini Kantor Perwakilan Provinsi Lampung termasuk salah satu yang berprestasi. “Meskipun sudah hampir setahun tidak ada Kepala Perwakilan, hanya menunjuk pelaksana tugas saja nama baik Kantor Perwakilan Lampung sangat terjaga. Prestasinya diapresiasi banyak pihak terasuk dari para stakeholder setempat,” kata dia saat memberikan sambutan.

Ombudsman RI: “How To Please The Public”

on . Posted in Berita

Jakarta – Adrianus E. Meliala, Anggota Ombudsman Republik Indonesia (Ombudsman RI) menerima kunjungan peserta didik Sekolah Pimpinan Menengah Kepolisian Republik Indonesia (Sespimmen Polri) Dikreg ke-56 T.A 2016 untuk melaksanakan audiensi dan pengumpulan data dari Lembaga Negara Pengawas Pelayanan Publik Ombudsman RI di Ruang Abdurrahman Wahid, Lantai 7 Kantor Pusat ORI (22/8).

Tujuan dari pertemuan dengan sespimmen Polri tersebut seperti dalam surat yang diajukan ke Ketua Ombudsman RI dengan Nomor B/785/VIII/2016/Sespim pada 19 Agustus 2016, yaitu dalam rangka penyusunan naskah seminar PKB Kejuangan T.A 2016 dengan judul optimalisasi nilai-nilai moralitas, integritas dan loyalitas guna mendukung sinergi TNI-POLRI dalam rangka terwujudnya stabilitas nasional peserta didik Sespimmen Polri.

Kontribusi Ombudsman RI Mewujudkan Kemerdekaan Dari Maladministrasi Dalam Kemudahan Berusaha

on . Posted in Berita

JAKARTA- Ombudsman RI mendorong perbaikan pelayanan publik di bidang perizinan usaha guna meningkatkan peringkat Indonesia dalam survei The Ease Of Doing Bussiness (Kemudahan Berusaha) yang dirilis oleh World Bank Group.

Demi terwujudnya kepastian hukum dalam berusaha, Ombudsman RI mendorong perbaikan pelayanan publik di bidang perizinan usaha. Ombudsman RI memaparkan hasil diskusi publik the Ease Of Doing Bussiness (Kemudahan Berusaha) dengan para stakeholder di dunia usaha maupun Pemerintah Daerah yang telah diselenggarakan di tiga kota besar Indonesia yaitu Palembang, Surabaya dan Makassar.

Dugaan Penundaan Berlarut, Ombudsman Panggil Kepala Korlantas untuk Klarifikasi

on . Posted in Berita

JAKARTA- Lembaga Negara Pengawas Pelayanan Publik Ombudsman RI memanggil Kepala Korp Lalu Lintas Polri untuk proses klarifikasi terkait dugaan penundaan berlarut dalam pemberian Pelat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) oleh Polri kepada masyarakat. Hal tersebut merupakan langkah tindak lanjut yang dilakukan Ombudsman RI terhadap laporan masyarakat dan investigasi atas prakarsa sendiri.

Anggota Ombudsman RI Prof. Adrianus Meliala mengatakan di Provinsi Lampung, terdapat 642 laporan. “Untuk itu agar Ombudsman bisa menjawab keluhan masyarakat, kami melakukan klarifikasi dengan pihak Korlantas. Apakah benar terdapat kelangkaan bahan baku TNKB,”ujarnya pada proses klarifikasi di Kantor Ombudsman RI, Selasa (9/8).

Sekresi Kerahasiaan Informasi Terkait Tugas dan Fungsi ORI

on . Posted in Berita

Jakarta – Ombudsman Republik Indonesia (Ombudsman RI) menggelar paparan tentang Sekresi kerahasiaan informasi publik terkait tugas dan fungsi sesuai kewenangan Ombudsman di Ruang Ajudikasi, Lantai 6 yang disampaikan oleh Anggota Ombudsman RI, A.AlamsyahSaragih (4/8).

Pada dasarnya keterbukaan informasi publik berdasarkan UU No.14 Tahun 2008 merupakan gradasi pemenuhan hak untuk tahu, sesuai perspektif hak atas informasi, yang merupakan HAM yang bersifat negatif, sehingga tidak boleh dihalang-halangi yang pelanggarannya berkonsekuensi sanksi pidana.

Tingkatkan Kualitas SDM, Ombudsman Rancang Nota Kesepahaman dengan Lemhannas

on . Posted in Berita

Jakarta - Menindaklanjuti pertemuan Ketua Ombudsman Republik Indonesia (Ombudsman RI) dengan Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas), diadakan pembahasan nota kesepahaman antara kedua belah pihak. Pertemuan digelar di ruang pertemuan Lemhannas dan dihadiri oleh anggota Ombudsman RI, Adrianus Meliala (2/8).

Adrianus menyampaikan mengenai pentingnya pembentukan karakter di lingkungan internal Ombudsman RI. "Ombudsman berharap ada transmisi nilai dari Lemhannas sebagai lembaga yang mendidik calon pemimpin. Misalnya dengan program dan kursus di Lemhannas," kata Adrianus pada awal pertemuan.

Artikel Ombudsman