• - +

Artikel

SETELAH DIKELUHKAN KE OMBUDSMAN RI BABEL, PENGASPALAN JALAN AKSES KANTOR DESA DAN SEKOLAH TELAH TEREALISASIKAN.
ARTIKEL • Jum'at, 29/06/2018 • Jumli Jamaluddin
 

SHARE

Pangkalpinang - Jalan lingkar yang merupakan jalan akses Kantor Desa dan sekolah TPA Desa Melabun Kecamatan Sungai Selan Kabupaten Bangka Tengah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sepanjang lebih kurang 1,5 Km sekarang telah selesai ditingkatkan dengan dilakukan pengaspalan oleh Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah melalui Dinas Pekerjaan Umum Bangka Tengah. Jalan tersebut sekarang telah dilalui secara lancar dan tidak berdebu ketika musim panas serta tidak lagi becek maupun tergenang air ketika musim hujan. Akses jalan publik yang dilalui oleh masyarakat Desa Melabun maupun warga masyarakat diluar desa tersebut telah bisa dilalui sejak bulan Mei kemarin.

Hal tersebut sebagaimana yang diungkapkan oleh Kepala Desa Melabun, Darsono, kepada Kepala Perwakilan Ombudsman RI Bangka Belitung, Jumli Jamaluddin di Kantor Ombudsman RI Babel sambil menyerahkan surat perihal ucapan terimakasih kepada Ombudsman RI Babel, (25/6/2018).

"Kedatangan saya ke Ombudsman RI Babel adalah ingin menyampaikan bahwa jalan lingkar akses kantor Desa dan sekolah dasar (SD) maupun sekolah TPA sudah selesai ditingkatkan oleh pihak Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, dan sekarang sudah dilalui secara lancar oleh masyarakat, serta sekalian ingin menyampaikan terima kasih kami selaku aparatur Desa dan mewakili masyarakat Desa Melabun", jelas Darsono.

Sebelumnya, pada pertengahan tahun 2017 masyarakat Desa Melabun mengeluhkan ke Ombudsman RI Babel belum ditingkatkannya jalan tersebut. Sejumlah 40 warga masyarakat di Desa Melabun berharap kepada Ombudsman RI Babel bisa mendorong Pemkab Bangka Tengah melalui Dinas terkaitnya agar memperhatikan dan menindaklanjuti keluhan masyarakat agar melakukan pengaspalan jalan yang menjadi akses ke Kantor Desa Melabun yang terhubung ke Sekolah Dasar Desa Melabun. Dikeluhkan masyarakat setempat jalan sepanjang 1,5 Km yang melintas tepat di depan Kantor Desa Melabun dan merupakan akses sekolah TPA, kondisinya itu belum beraspal sudah selama 17 tahun. Ketika musim panas sangat berdebu dan ketika musim hujan tergenang air serta becek.

"Jalan tersebut dibangun sejak tahun 2001 sepanjang 1,5 Km, sedangkan Kantor Desa Melabun dibangun pada tahun 2012 yang lalu. Jalan ini merupakan jalan akses kantor Desa dan terhubung ke Sekolah Dasar dan jalan Raya Sungaiselan-Kota Pangkalpinang. Sebelumnya warga masyarakat sering menanyakan kepada Kades kapan jalan tersebut akan diaspal", kata Darsono.

Ditambahkan Darsono, dia sebagai Kades sudah pernah berulang kali menyampaikan atau mengusulkannya ke Dinas PU Bangka Tengah agar jalan tersebut bisa di aspal, dan sudah pernah ditinjau juga oleh pihak terkait, namun belum juga terealisasi. Sebab itu hal tersebut masyarakat minta bantuan ke Ombudsman.

"Alhamdulillah, sekarang sudah terealisasi atas bantuan dari Ombudsman RI Bangka Belitung, maka kami menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada Ombudsman RI Babel dan Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah", ungkap Darsono di Kantor Ombudsman RI Babel.

Kemudian atas keluhan masyarakat tersebut, Ombudsman RI Perwakilan Bangka Belitung yang dipimpin langsung Kepala Perwakilan Ombudsman RI Bangka Belitung, Jumli Jamaluddin beserta tim asisten langsung melakukan melakukan peninjauan ke lokasi untuk memperoleh gambaran dan data, yang selanjutnya mendatangi Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah menyampaikan hasil investigasi Ombudsman tersebut ke pihak Pemkab Bangka Tengah dan agar secepatnya memperbaiki akses jalan di Desa Melabun Kecamatan Sungai Selan tersebut. Kepala Perwakilan Ombudsman RI Bangka Belitung langsung mengontak Wakil Bupati yang pada saat itu sebagai Plt. Bupati Bangka Tengah dan kadis PU menginformasikan keluhan masyarakat dan menginformasikan hasil investigasi Tim Ombudsman. Jalan yang sudah 17 tahun belum di aspal dan sementara terdapat kantor kades yang lumayan bagus, bersih, rapi, mungkin terbagus se Kabupaten Bangka Tengah, namun sayangnya jalannya masih tanah merah. Hasil investigasi tersebut langsung direspon dan ditindaklanjuti oleh Plt. Bupati Bangka Tengah dan Kepala Dinas PU, yang menjelaskan bila tidak lagi di anggaran 2017 maka akan di aspal melalui anggaran 2018.

Dikatakan Kepala Perwakilan Ombudsman RI Bangka Belitung, Jumli Jamaluddin, dia menyambut baik atas informasi yang disampaikan oleh Kepala Desa Melabun dan berharap agar akses jalan tersebut dapat melancarkan akses layanan publik bagi Pemerintah Desa dan masyarakat setempat maupun masyarakat lainnya.

"Kami menyambut baik atas telah adanya realisasi tindaklanjut dari Pemkab Bangka Tengah melalui Dinas terkaitnya terhadap peningkatan jalan tersebut serta menyampaikan apresiasi. Diharapkan akses jalan tersebut dapat melancarkan akses layanan publik bagi Pemerintah Desa dan masyarakat setempat maupun masyarakat lainnya", jelas Jumli. (JJ-01)



Loading plugin...



Loading...

Loading...
Loading...
Loading...