• - +

Artikel

Ombudsman RI Perwakilan DIY beri masukan data Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) DIY
ARTIKEL • Jum'at, 08/06/2018 • Dahlena
 

SHARE

Yogyakarta - Saat ini di sedang berlangsung proses penyusunan Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) 2017 di sejumlah daerah termasuk di Provinsi DI Yogyakarta. "IDI merupakan alat ukur tingkat perkembangan demokrasi di seluruh Provinsi di Indonesia", ujar JB Priyono, Kepala BPS DIY dalam pembukaan Focus Group Discussion (FGD) di Hotel Inna Malioboro (7/6/2018.) Ombudsman RI Perwakilan DIY, hadir sebagai salah satu peserta FGD tersebut. 

Sebagaimana diketahui IDI memiliki 3 Aspek yang terdiri dari kebebasan sipil, hak-hak politik,lembaga demokrasi. 11 Variabel dan 28 Indikator. Pengaduan masyarakat mengenai layanan pemerintah termasuk salah satu Indikator yang diukur dalam IDI.

Dahlena, Asisten Ombudsman yang hadir pada kesempatan FGD menyampaikan pada tahun 2017 Ombudsman RI Perwakilan DIY menerima 214 pengaduan. "Beberapa pengaduan tersebut menjadi perhatian publik terlihat dari substansi pengaduan menjadi pemberitaan media seperti pengosongan lahan Bandara NYIA, Layanan Parkir di Yogyakarta, sistem zonasi dalam penerimaan siswa baru, layanan kesehatan di Bantul", kata Dahlena, Asisten Ombudsman RI Perwakilan Provinsi DIY. Data ini akan menjadi bahan melengkapi pemenuhan Indikator IDI agar data IDI DIY 2017 lebih komprehensif.





Loading...

Loading...
Loading...
Loading...