• - +

Artikel

Mahasiswa STISIP Studi ke Ombudsman
ARTIKEL • Kamis, 06/12/2018 • Shopian Hadi
 
Studi mahasiswa STISIP Nurdin Hamzah Jambi ke Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Jambi ketika mendengar pemaparan. (foto by Kemas M Akmal)

SHARE

JAMBI - Sejumlah mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIP)  Nurdin Hamzah Jambi datang untuk melakukan studi ke Kantor Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Jambi. Kunjungan mahasiswa STISIP untuk mengetahui peran dan fungsi lembaga Ombudsman sebagai pengawas pelayanan publik.

Kedatangan rombongan ini di terima oleh Plt Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Jambi, Abdul Rokhim di ruang pertemuan Ombudsman kemarin (06/12).

Dosen STISIP Nurdin Hamzah, Dida Helena yang mendampingi kunjungan tersebut mengatakan, kunjungan mahasiswa semeter akhir ini untuk mengetahui peran dan fungsi Ombudsman lebih detail. Demikian juga kedudukannya dalam mempengaruhi kebijakan pemerintah untuk perbaikan pelayanan publik di Indonesia.

"Masih banyak masyarakat yang belum mengetahui tentang Ombudsman, peran dan fungsinya. Bagi mahasiswa ini sangat penting, apalagi mahasiswa jurusan politik, komunikasi dan pemerintahan yang akan terjun ke masyarakat," katanya.

STISIP sebagai perguruan tinggi, diakuinya mendorong mahasiswa melakukan pengabdian masyarakat, penelitian dan pengawasan tentang Ombudsman dan pelayanan publik. Sebelumnya, sudah ada mahasiswa STISIP yang melakukan penelitian di Ombudsman RI Perwakilan Jambi. Lainnya, perguruan tinggi juga perlu melakukan kerjasama dengan Ombudsman RI.     

Abdul Rokhim, Plt Kepala Perwakilan Ombudsman mengapresiasi kunjungan mahasiswa jurusan ilmu pemerintahan dan komunikasi tersebut ke Ombudsman. Dalam kesempatan itu ia menjelaskan lebih detail, fungsi, tugas, dan kewenangan Ombusman serta tata cara penerimaan laporan.

Selain itu ia juga menjelaskan hak dan kewajiban masyarakat terkait pelayanan publik dari penyelenggara negara. Kegiatan tersebut juga dilakukan diskusi dan tanya jawab dan ditutup dengan foto bersama. (ORI-Jambi)


Loading plugin...



Loading...

Loading...
Loading...
Loading...