• - +

Artikel

HUT ORI KE-18, Ombudsman buat Ragam Kegiatan Anti Maladministrasi
ARTIKEL • Sabtu, 10/03/2018 • Mariani
 

SHARE

Pangkalpinang-Sabtu, 10 Maret 2018

10 Maret 2018 ditetapkan sebagai tanggal hari jadinya Ombudsman RI. Menginjak usia remaja Ombdsman RI telah memiliki Kantor Perwakilan di 34 Provinsi se-Indonesia yang betujuan untuk menjangkau pengawasan lebih luas hingga ke daerah-daerah. Walau Ombudsman RI bukan termasuk ke dalam golongan Lembaga Negara Utama tapi tugas, fungsi dan peranya begitu penting demi mewujudkan cita-cita Good Govarnance di negeri ini.

Perjalanan 18 tahun sebagai lembaga negara yang diamahkan Undang-Undang Nomor 37 Tahun 2008 sebagai lembaga negara yang memberantas bentuk-bentuk Maladministrasi dalam layanan publik tentu tidak lah mudah, apalagi jika harus berhadapan dengan penyelenggara layanan yang tidak "peduli". Luasnya wilayah dan ragamnya budaya di masyarakat khususnya daerah Bangka Belitung juga tidak lepas menjadi faktor penentu demi terselenggaranya pelayanan publik yang diidam-idamkan. Jika layanan publik mulai terindikasi maladminstrasi maka korban pasti yang dirugikan karenanya adalah pengguna layanan atau masyarakat, padahal seyogyanya mereka seagai Warga Negara Indonseia punya hak untuk mendapat layanan yang baik dan prima.

Oleh karenanya, melalui momentum Hari Jadi Ombudsman RI ke-18 maka Ombudsman RI Perwakilan Bangka Belitung mengadakan serangkaian kegiatan dengan tajuk Pekan Anti Maladministrasi yang dimulai dari tanggal 09 Maret 2018 sd 15 Maret 2018. Kegiatannya antara lain Ombudsman Goes To school dengan tema Generasai Anti Maladministrasi, Ombudsman On The Road (Aksi Simpati bersama Sobat Ombudsman) dengan tema Lah dag Jaman Agik Maladministrasi, Ombudsman Pintar tingkat Mahasiswa Se-Provinsi Kep Babel (Rangking I Tentang Pelayanan Publik) dengan tema Paham dan Perangi Maladministrasidan, Lomba Memanah Anti Maladministrasi hingga pemotongan tumpeng dan gunting pita balon perayaan HUT Ombudsman RI Ke-18. Rangkaian kegiatan ini juga melibatkan para sobat Ombudsman Babel baik sebagai peserta maupun panitia kegiatan.

Peringatan HUT Ombudsman RI diharapakan dapat menjadi ajang membangun kepedulian masyarakat untuk ikut aktif berpartisipasi dalam mengawasi pelayanan publik. Khususnya masyarakat di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Semoga HUT Ombudsman RI menjadi refleksi bagi internal lembaga maupun insan ombudsman khususya OmbudsmanRI Perwakilan Bangka Belitung untuk dapat mengevaluasi dan introspeksi dalam melayani dan mengawasi, terutama menunjukkan esksistensi sebagai pengawas pelayanan publik yang tanpa pamrih dan berpihak di wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Untuk kalian yang peduli pelayanan publik, mari bersama bergandengan tangan demi terselenggaranya pelayanan publik bersih Maladmnistrasi. Selamat hari Jadi Ombudsman!!! Awasi-Tegur-Laporkan!!!


Loading plugin...



Loading...

Loading...
Loading...
Loading...